Rabu, 14 Mei 2014

Kecil-kecil Bernutrisi


Siapa yang tidak tahu hewan satu ini, semua orang pasti pernah memakannya, mengingat betapa mudahnya mendapatkan hewan laut satu ini. Rasanya yang kenyal dan sering disandingkan dengan kupang, memikat lidah semua penikmatnya. Mulai dari anak kecil, remaja, bahkan orang tua sekalipun. Namun, tidak banyak orang yang benar-benar tahu manfaat hewan satu ini. 

Manfaat laut yang melimpah di Indonesia seharusnya mampu membuat setiap orang di negeri sendiri tidak mengalami masalah gizi buruk terutama bagi anak-anak karena salah satu jenis makanannya memiliki manfaat luar biasa seperti khasiat pada kerang-kerangan di bawah ini :
  • Seperti semua jenis makanan laut, kerang bisa menjadi bagian yang sehat untuk diet seimbang. Kerang yang rendah lemak , lobster dan udang memiliki kurang dari 1 gram lemak per porsi dan sangat sedikit lemak jenuh. Kebanyakan kerang (kecuali udang) juga sangat rendah kolesterol. Dengan membatasi penggunaan topping seperti mentega atau remah roti dengan lebih memilih kerang steam atau sate kerang dan bukan digoreng.
  • Kandungan asam lemak Omega-3 pada khasiat pada kerang-kerangan mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida dan mencegah penggumpalan darah yang berbahaya, sehingga mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Omega-3 juga bisa meningkatkan kesehatan kognitif dan dapat berguna dalam mengobati atau mencegah datangnya penyakit Alzheimer.
  • Khasiat kerang-kerangan merupakan sumber vitamin dan mineral yang menyehatkan. Tiram mengandung vitamin A, B1, B2, B3, dan D, dan juga tinggi zat besi, kalsium, magnesium dan mineral lainnya. Banyak jenis kerang lain yang juga merupakan sumber  zat besi, termasuk remis, udang dan kepiting. Kerang termasuk salah satu sumber makanan terbaik dengan mineral seng yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.
dan masih banyak lagi manfaat kerang lainnya yang tidak kalah bagusnya. 
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Share