Kamis, 08 Mei 2014

Kupang, hijau, menawan nan menggoda


Siapa yang tidak kenal hewan satu ini. Hewan yang masih berkerabat dengan kerang ini bernama kupang. Hewan kecil ini sering dijadikan menu santap bersama dengan lontong dan sate. Hmm... kebayang kan enaknya? 

Ternyata, dibalik rasanya yang mantap, kupang juga memiliki rahasia-rahasia yang tidak kalah mantap. Penasaran? Berikut rahasianya.


Sebagai salah satu kelompok kerang-kerangan, kupang juga memiliki kandungan Protein yang tinggi. Protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, pembentuk sistem kekebalan tubuh. 

Selain protein, kupang juga memiliki kandungan mikronutrien lainnya, seperti Fe dan ZnFe diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zn merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh.

Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Kupang putih mengandung 12,31% LNA (Asam Linolenat), 6,52% EPA, 6,61 % DHA (Baswardono 1983). Ternyata di balik tampilannya yang imut, tersimpan banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, yah.

Nah, setelah tahu sekian banyak khasiat dan kandungan gizinya, apa anda tertarik untuk mencoba santapan satu ini?
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Share